
Kunjungan Edukatif Sekolah Khusus Pelita Bunda ke RRI Samarinda
Belajar Dunia Penyiaran dan Komunikasi Langsung dari Sumbernya
Pada tanggal 24 Januari 2025, Sekolah Khusus Pelita Bunda Samarinda mengadakan kunjungan edukatif ke salah satu lembaga penyiaran publik tertua di Indonesia, yakni Radio Republik Indonesia (RRI) Samarinda. Kegiatan ini merupakan bagian dari program pembelajaran luar kelas (outdoor learning) yang rutin diadakan sebagai bentuk upaya sekolah untuk memperluas wawasan peserta didik melalui pengalaman nyata di dunia kerja.
Kunjungan ini bukan sekadar jalan-jalan edukatif biasa, melainkan sebuah pengalaman penuh makna bagi anak-anak berkebutuhan khusus. Para siswa diajak mengenal lebih dekat dunia penyiaran radio dan televisi, termasuk bagaimana proses produksi siaran berjalan dari balik layar hingga ke pendengar dan pemirsa.
Mengenal Profesi Penyiar Lewat Pengalaman Langsung
Di bawah pendampingan guru dan tim dari RRI Samarinda, para siswa menyaksikan secara langsung proses siaran langsung di ruang studio, melihat bagaimana operator mengatur suara dan musik, serta menyimak penyiar menyampaikan berita dan informasi. Suasana penuh antusias dan rasa ingin tahu terlihat jelas dari ekspresi para siswa. Beberapa bahkan mencoba memegang mikrofon dan berbicara seperti seorang penyiar sungguhan!
Melalui sesi interaktif, siswa juga mendapatkan penjelasan tentang etika komunikasi, penggunaan bahasa yang baik, serta pentingnya menyampaikan informasi yang bermanfaat dan bertanggung jawab. Tim RRI menyambut hangat kehadiran para siswa dan memberikan ruang bagi mereka untuk bertanya serta berdiskusi.
Belajar Melalui Pengalaman: Meningkatkan Rasa Percaya Diri dan Sosial Anak
Bagi siswa berkebutuhan khusus, kegiatan semacam ini sangat penting dalam membangun kepercayaan diri, keterampilan sosial, dan keberanian untuk berekspresi. Melalui interaksi langsung di lingkungan profesional, siswa belajar untuk menyampaikan ide, menghargai peran orang lain, dan melihat bahwa mereka pun punya kesempatan yang sama untuk berkembang dan berkontribusi di masyarakat.
Selain itu, kunjungan ini juga membuka cakrawala baru tentang beragam pilihan profesi yang mungkin tidak pernah mereka bayangkan sebelumnya. Dunia penyiaran memperkenalkan anak-anak pada dunia komunikasi, jurnalistik, teknik audio, dan public speaking—semua bidang yang bisa menjadi bagian dari masa depan mereka.
Komitmen Sekolah untuk Pendidikan yang Inklusif dan Holistik
Kegiatan ini sejalan dengan visi Sekolah Khusus Pelita Bunda untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, menyenangkan, dan bermakna, di mana setiap anak diberikan ruang untuk tumbuh sesuai potensi unik mereka. Kunjungan ke RRI Samarinda adalah salah satu wujud nyata bahwa pembelajaran tidak selalu harus terjadi di dalam kelas, tetapi juga bisa terjadi melalui pengalaman yang membuka wawasan dan menumbuhkan rasa percaya diri.
“Kami ingin menunjukkan bahwa anak-anak berkebutuhan khusus juga mampu mengeksplorasi banyak hal. Dengan pengalaman langsung seperti ini, mereka merasa dihargai dan dilibatkan sebagai bagian dari masyarakat,”
— Farah Flamboyant, Kepala Sekolah SKh Pelita Bunda
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Lomba Kreatif Anak Berkebutuhan Khusus di SPARK
Samarinda Memeriahkan HUT ke-79 RI Bersama Yayasan Pelita Bunda Dalam semangat memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia, Yayasan Pelita Bunda menggelar kegiatan Lomba Kre
Bunda PAUD Bengkulu Tengah Salurkan Alat Permainan Edukatif ke PAUD Pelita Bunda
Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Anak Usia Dini Melalui Sarana Bermain Edukatif Pada Rabu, 23 Oktober 2024. Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Bengkulu Tengah, dr. Dian
Inovasi Edukasi Seksual Ramah Autisme
Dosen Politeknik Pertanian Negeri Samarinda Ciptakan Aplikasi SEDU untuk Anak Berkebutuhan Khusus Dalam upaya menghadirkan pendidikan yang inklusif dan sesuai kebutuhan, tim dosen dari
Panduan Mengajarkan Puasa kepada Anak Berkebutuhan Khusus
Membangun Pemahaman Ibadah dengan Cinta dan Kesabaran Mengajarkan ibadah puasa kepada anak berkebutuhan khusus (ABK) adalah proses yang unik dan membutuhkan pendekatan yang personal. M